Melamar Beasiswa LPDP 2020. Sertifikat Bahasa Inggris apa saja yang dapat digunakan?

Hola hola,
Apa kabar scholarship hunters?
Setelah sekian lama hiatus dalam dunia perbincangan LPDP, akhirnya saya kembali dengan topik baru. Kenapa topik baru? Ya tahu sendiri lah, berkas yang harus dimasukkan/dilampirkan untuk melamar beasiswa pendidikan Indonesia yang dikelola oleh LPDP setiap tahunnya selalu mengalami pembaharuan. Nah, karena itu informasi mengenai LPDP saya rasa perlu diperbaharui pula.

Eh, bagi yang belum mengenal saya, nama saya Auliya, awardee LPDP Batch 20. Saya ikut seleksi 2014, dinyatakan lolos seleksi tahun 2014, dan berangkat menuju kampus tujuan saya (University of Leeds, UK) tahun 2015. Sekarang sudah selesai dan mengabdi di tanah airku Indoneeeesiaaaa.

IELTS Simulation at CLS FBS UNM Makassar

Okay, langsung saja kita masuk ke inti dari postingan kali ini ya.

Sertifikat Bahasa Inggris apa saja yang dapat digunakan untuk melamar beasiswa LPDP?

Ada beberapa jenis tes yang dapat diikuti untuk mendapatkan sertifikat Bahasa Inggris. Di sini saya akan membahas jenis tesnya dan apakah bisa dipergunakan untuk melamar beasiswa LPDP.

1. TOEFL ITP 
Tes ini terdiri atas 3 sections yaitu listening, structure and written expression, dan reading. Jumlah soal 140 dengan lama tes sekitar 2 jam (tidak termasuk waktu pengisian data pribadi). Sertifikat dari tes ini diterbitkan oleh ETS (http:\\www.ets.com) dan berlaku selama 2 tahun sejak tanggal tes. Biaya tes berada pada rentang Rp. 450.000,- hingga Rp. 600.000,-

Kapan sertifikat tes ini dapat dipergunakan?
1. Melamar pekerjaan di dalam negeri
2. Melamar beasiswa yang berasal dari luar negeri seperti Fulbright dan Australian Award Scholarship
3. Melamar beasiswa LPDP (Master/Doktoral/Spesialis) dalam negeri jalur reguler dan afirmasi
4. Melamar beasiswa LPDP (Master/Doktoral/Spesialis) luar negeri jalur afirmasi.

Salah satu lembaga penyelenggara tes TOEFL-ITP resmi di Makassar adalah Center for Language Services (CLS FBS UNM), merupakan salah satu lembaga penyelenggara tes toefl pertama di Makassar. informasi jadwal tes  kalian bisa menghubungi kontak person yang terdapat di websitenya www.cls.fbs.unm.ac.id. Biaya tes di CLS FBS UNM adalah Rp. 550.000,-

Yang bertempat tinggal di kota lain, dan ingin mengetahui nama-nama lembaga penyelenggara tes dan jadwal tes TOEFL ITP di sekitar tempat tinggal kalian, bisa mengunjungi website ini www.iief.or.id

Ps: Pelamar beasiswa LPDP luar negeri jalur reguler tidak lagi dapat menggunakan sertifikat TOEFL ITP untuk mendaftar beasiswa LPDP luar negeri. Hanya pelamar dari jalur afirmasi saja yang dapat menggunakannya untuk melamar beasiswa LPDP luar negeri.

2. TOEFL Prediction/TOEFL-Like 
Tes ini sebenarnya tidak berbeda dengan tes TOEFL-ITP. Tipe soal, jumlah soal, lama tesnya semuanya sama saja dengan TOEFL-ITP. Terus apa bedanya? Bedanya adalah TOEFL Prediction itu diselenggarakan oleh institusi penyelenggara, misalnya dari kampus atau lembaga Bahasa Inggris lainnya, bukan dari penyelenggara resmi TOEFL-ITP sehingga sertifikatnya tidak diakui oleh ETS karena bukan ETS (http:\\www.ets.org) yang mengeluarkannya. Biaya tesnya berada pada rentang Rp. 50.000,- hingga Rp. 300.000,-.

Kapan sertifikat tes ini bisa digunakan? 
Awal-awal dibukanya pendaftaran beasiswa LPDP, sertifikat dari tes ini bisa digunakan oleh pelamar yang mendaftar melalui jalur afirmasi/bidikmisi. Namun, saat ini sudah tidak dapat dipergunakan lagi karena jumlah pelamar yang semakin banyak, maka seleksi pun harus diperketat.

3. TOEFL iBT
Tes ini sedikit berbeda dengan tes TOEFL-ITP. Kalau di ITP terdapat tiga section saja. Pada tes ini, terdapat 4 skill Bahasa Inggris kalian yang akan diuji yaitu kemampuan Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Tes ini berbasis komputer, jadi pengerjaan tesnya dilakukan dengan bantuan komputer. Lembaga penyelenggara tes ini di Makassar terbilang masih sedikit sehingga peminatnya pun tidak sebanyak tes bahasa Inggris lainnya.

Untuk mengikuti tes ini, diperlukan dana yang tidak sedikit ya teman-teman (terakhir sekitar Rp. 2.6 juta). Jadi, belajar yang serius sangat dibutuhkan sebelum mengikuti tesnya. Kalau tidak, maka niscaya uang kalian akan melayang seketika.

Kapan sertifikat tes ini bisa digunakan?
1. Melamar beasiswa yang berasal dari luar negeri seperti Fulbright dan Australian Award Scholarship
2. Melamar beasiswa LPDP (Master/Doktoral/Spesialis) dalam negeri dan luar negeri, semua jalur baik itu jalur reguler maupun afirmasi. 
3. Melamar kerja baik itu di dalam maupun di luar negeri
4. Melamar kampus luar negeri


4. IELTS
Tes ini menguji 4 kemampuan bahasa Inggris seseorang, sama halnya dengan tes TOEFL iBT. Hanya saja tesnya adalah paper-based, tidak menggunakan komputer. Informasi mengenai materi dan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk mengikuti tes ini dapat ditemukan di mesin pencari. Kalian juga bisa mencari di www.youtube.com karena ada banyak sekali channel yang memberikan tips dalam mengerjakan soal-soal IELTS.
Terdapat beberapa lembaga penyelenggara tes IELTS di Makassar, salah satunya adalah Center for Language Services (CLS FBS UNM) yang bekerja sama dengan British Council. Informasi jadwal tes dan biayanya, kalian bisa langsung menghubungi kontak person yang terdapat di websitenya www.cls.fbs.unm.ac.id
Biaya tes berada pada rentang Rp. 2.8 juta - Rp. 3 juta.
Jangan lupa belajar yang giat dulu ya guys sebelum mengikuti tesnya, mahal banget soalnya.

Kapan sertifikat tes ini bisa digunakan?
1. Melamar beasiswa yang berasal dari luar negeri seperti Fulbright dan Australian Award Scholarship
2. Melamar beasiswa LPDP (Master/Doktoral/Spesialis) dalam negeri dan luar negeri, semua jalur baik itu jalur reguler maupun afirmasi. 
3. Melamar kerja baik itu di dalam maupun di luar negeri
4. Melamar kampus luar negeri

5. TOEIC
Tes terakhir yang ingin saya bahas adalah TOEIC. Tes ini mengukur kemampuan membaca dan mendengarkan seseorang. Topik yang masuk dalam tesnya itu biasanya berkaitan dengan Bisnis. Jadi pastikan untuk mempelajari topik ini sebelum mengikuti tes.
Sama seperti TOEFL dan IELTS, sistem pengerjaannya adalah paper-based, jadi tidak menggunakan bantuan komputer.
Pelaksana tes ini di Makassar terbilang masih sedikit, namun bagi yang ingin mengikuti tes ini dapat menghubungi Center for Language Services (CLS FBS UNM) yang bekerja sama dengan International Office of Pascasarjana UNM dan TIEC Makassar. Informasi jadwal tes dan biayanya, kalian bisa langsung menghubungi kontak person yang terdapat di websitenya www.cls.fbs.unm.ac.id
Biaya tes di CLS FBS UNM adalah sebesar Rp. 700.000,-, harga normal Rp. 900.000,-

Kapan sertifikat tes ini bisa digunakan?
1. Melamar beasiswa LPDP (Master/Doktoral/Spesialis) dalam negeri dan luar negeri, semua jalur baik itu jalur reguler maupun afirmasi. 
2. Melamar kerja baik itu di dalam maupun di luar negeri

Cukup sekian dulu ya teman-teman. Kapan-kapan saya lanjut dengan informasi lainnya. Thanks for reading and good luck!!!


Note:
Ada pertanyaan berkaitan dengan persyaratan sertifikat Bahasa Inggris untuk melamar beasiswa BPI LPDP? Please do not hesitate to contact me! Oh iya, jangan lupa share postingan ini jika menurut kalian bermanfaat. Follow dan subscribe blog ini lalu tinggalkan komen di kolom komentar, nanti saya akan follow balik blognya kalau ada ya. Thank You. :D


Salam,

@Auliya Sahril (Instagram Account)



No comments: