Menulis Essay Peranku Bagi Indonesia Beasiswa LPDP


Salam Garuda Emas Indonesia!

Karena banyaknya email masuk mengenai permintaan contoh esai sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini, akhirnya saya memutuskan untuk menulis artikel ini sebagai referensi untuk membantu teman-teman membuat esai khususnya yang bertema Peranku Bagi Indonesia. 

Mohon maaf karena saya hanya menampilkan sebagian dari isi esai yang saya tuliskan:

“Kemajuan sebuah Negara sangat didukung oleh kualitas para pendidiknya.”

Kalimat ini sudah pasti akan menimbulkan pertanyaan bagi beberapa pihak. Beberapa orang mungkin akan menodong saya dengan mengatakan, “Bagaimana dengan kualitas pemimpin negaranya, bagaimana dengan kualitas sumber daya manusianya, bagaimana dengan ini, bagaimana dengan itu.” Setelah itu saya hanya akan menjawab, “Siapa yang mengajarkanmu tentang banyak hal selain orang tuamu? Apakah ia telah mengajarmu dengan baik? Apakah ia telah mendidikmu dengan baik?”
Mengajar adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi oleh seorang pengajar, baik itu para guru maupun para dosen. Kita dituntut untuk tidak hanya mencerdaskan anak-anak bangsa, tetapi juga mendidik mereka untuk menjadi anak yang beriman, berbakti, jujur, dan bertanggung jawab. Maka untuk mewujudkannya, kita pun dituntut untuk melakukan hal yang serupa, tidak hanya benar dalam perkataan, tetapi juga dalam perbuatan. Bagaimana mungkin seorang guru mendidik murid-muridnya untuk bersikap jujur sedangkan sang guru tidak dapat melakukan hal yang serupa? Hal ini yang selama ini kurang disadari oleh para pendidik di Negara kita yang tercinta, bahwa mengajar bukan hanya sekadar mengajar, tetapi juga mendidik, serta memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya.
Saat menjalani hari-hari perkuliahan di kampus, saya secara kebetulan bertemu dengan senior saya saat SMA. Ia langsung saja menodongku dengan sebuah pertanyaan yang kemudian membuat saya terbahak, “Mengapa kau berada di sini? Bukannya anak-anak IPA 1 itu biasanya maumenjadi Dokter?” Setelah terbahak, saya terdiam sembari memikirkan kata-kata guru BK saya saat SMA, “Anak-anak cerdas seharusnya menjadi seorang pendidik, baik itu menjadi seorang guru ataupun seorang dosen.Bagaimana mungkin seorang Ibu atau Bapak mau memercayakan anak mereka untuk diajar oleh seorang guru yang tidak cerdas?” Beliau adalah salah satu guru yang mendukung keputusan saya saat itu.

Setelah menuliskan beberapa pengalaman kalian yang menunjukkan kalian benar-benar menjalankan kalian sebagai anak bangsa, kalian bisa memberikan ulasan atau pelajaran yang bisa dipetik dari pengalaman kalian. Di bagian akhir essai, saya menuliskan inti dari semua kejadian-kejadian tersebut. Beberapa kutipan yang menarik dan memotivasi juga disarankan. Gunakan bahasa yang mudah dipahami. Jangan sekali-sekali mengutip perkataan orang lain tanpa sumber yang jelas kecuali kata-kata itu sudah umum didengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Sangat tidak disarankan untuk menceritakan hal yang tidak benar-benar terjadi dalam kehidupan kalian. Tidak ada salahnya membandingkan kehidupan kalian dengan orang lain apabila memang kejadian orang lain itu menginspirasi kalian untuk menjadi lebih baik. 


FYI:

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, mulai sekarang saya TIDAK AKAN MENGIRIMKAN esai yang saya buat untuk mendaftar beasiswa LPDP dalam bentuk apapun mengingat saya lebih sering online menggunakan handphone, sangat jarang menggunakan laptop. Selain itu, menurut saran dari salah seorang teman. esai yang dibuat masing-masing peserta itu sifatnya privasi, tidak seharusnya disebarkan ke orang lain meskipun dengan tujuan membantu. Kemudian hal lain yang paling mendasar, tidak ada yang bisa menjamin bahwa mereka yang meminta tidak akan mengambil sebagian maupun seluruh ide yang terdapat dalam esai tersebut (plagiat). Ingat, LPDP sangat menjunjung tinggi nilai integritas. Kehilangan nilai tersebut bisa membuat kalian jatuh dalam proses seleksi. 

Ada pertanyaan? Silakan kirim pesan ke IG: @auliyasahril atau meninggalkan pesan di kolom komentar dengan menyertakan alamat email kalian. Terimakasih! ^^v

Regards,

Auliya Sahril 
Awardee LPDP Batch 20


15 comments:

Anonymous said...

your article is good,,,,, thanks you very much for your attentions !!!!!

Anonymous said...

Mbk, untuk artikel di lpdp itu boleh berbahasa indonesia? meskipun sy prodi bahasa inggris

auliya said...

Bisa bahasa Inggris atau bahasa Indonesia kok.

lailatul imama said...

kak, untuk universitasnya tergantung kita sendiri atau ditentukan oleh LPDP ya??? bidang pendidikan gk ada ya Kak??

Noe said...

Unversitas tergantung sendiri mb Lailatul Imama.. List kampus bisa download di situs http://www.lpdp.depkeu.go.id/beasiswa/.
Bidang pendidikan ADA. Karena termasuk salah satu target penyelenggara beasiswa.
Info detail bisa dibaca langsung di situs. sekarang baru dibuka gelombang ke-3 sejak tgl 28 April 2015. Semangat!

afrizal ramadhan said...

mbak mau tanya untuk essay tesebut ada formatnya kah? format resmi dari LPDP Kemkeu nya? terimakasih

Unknown said...

Assalamualaikum...mbak..mau tanya.. pengumuman seleksi administrasinya itu via apa? via email kita atau via akun lpdp kita?

auliya said...

Tidak ada format kok mas. Dari kreatifitas masing-masing aja. :)

auliya said...

Nanti diberitahu lewat email masing2. Good luck ya!

Unknown said...

salam kenal mb auliya.. mbk mau tanya, gmn cara dapet ide buat essay y mbk?? saya jg minta contoh essay mbk ya, krim k alamat ini ulyaalifah2013@gmail.com.. makasi mbak:)

Fumiko Ichi said...

Assalamualaikum, saya maba, dan harus buat esai ini dan itu, sedangkan saya tidak paham betul apa itu esai. Perbedaan esai, artikel, dan sebuah tulisan tangan biasa, saya tidak dapat membedakannya. Boleh minta sarannya?

Unknown said...

thanks for the essay. appreciate it.

Unknown said...

God

Unknown said...

mbakkk apa jurusannya itu bebas milihnya... asal dikampus itu progam s2 nya ada prodi yg mau kita ambil

auliya said...

jurusannya bebas, kampusnya harus ada dalam daftar pilihan LPDP