Nih! Beberapa Tips Pendaftaran Beasiswa LPDP


Salam Garuda Emas Indonesia,

Mengawali tulisan ini, saya ingin mengatakan bahwa "tidak ada satupun hal di dunia ini yang sulit dikerjakan apabila kita memiliki keinginan dan motivasi yang kuat untuk mencapainya". Mulailah dengan bermimpi, karena mimpi itulah yang akan menguatkan kalian untuk mencapai sesuatu yang kalian inginkan.

Saya termasuk orang yang selalu bermimpi, saya bermimpi bersekolah di Inggris (Alhamdulillah, I graduated already). Saya dulu bermimpi bersekolah di Jepang (cita-cita anak SMA), saya bermimpi menjadi seorang Dosen (cita-cita sejak SD hingga sekarang), dan saya juga bermimpi bahwa suatu saat Indonesia akan menjadi negara maju (Amin).

*Jadi mulailah sesuatu dengan tekad bahwa kalian bisa menjadi seperti yang kalian inginkan.

Well, sekarang kita masuk ke dalam inti tulisan saya kali ini. Yaitu, persiapan pendaftaran beasiswa LPDP.
Bagi kalian yang belum pernah mendengar beasiswa ini sebelumya, ini adalah website resmi penyedia beasiswa tersebut. Beasiswa ini disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Website Resmi LPDP

Beasiswa ini memberikan beberapa jenis beasiswa.
1. Beasiswa Magister dan Doktor
2. Beasiswa Tesis dan Disertasi
3. Besiswa Afirmasi
4. Beasiswa Spesialis Kedokteran
5. Presidential Scholarship

Info lebih lanjut mengenai beasiswa tersebut, ada baiknya kalian langsung mengunjungi website resminya. (Hehehe)

Hmm, oh iya saya sendiri mendaftar beasiswa Magister dan Doktor, istilahnya jalur reguler.
Persyaratan khusus untuk Magister Luar Negeri
1. IPK minimal 3,00 (pada skala 4)
2. Usia maksimal 35 tahun
3. IELTS minimal 6,5/ iBT minimal 79
4. Menulis 2 Essai (1. Peranku Bagi Indonesia, 2. Sukses Terbesar dalam Hidupku)
5. Membuat Rencana Studi
6. Surat Rekomendasi dari Dosen Universitas sebelumnya, atau dari tokoh masyarakat sekitar tempat tinggal, atau bagi yang sudah bekerja meminta rekomendasi dan surat izin dari atasan.
7. LOA (bila ada) dari universitas 200 terbaik di dunia.
8. Hasil Tes TBC
9. Keterangan Berbadan Sehat

Selengkapnya baca di sini saja ya:
Persyaratan Beasiswa Magister dan Doktor (LPDP)

Pada saat sesi wawancara kemarin, sebagian besar teman saya adalah peserta beasiswa afirmasi, beasiswa afirmasi sendiri dibagi ke dalam beberapa macam, ada bagi yang tinggal di daerah terpencil, ada bagi yang berprestasi, dan ada pula untuk anak-anak yang pada saat S1 memperolah beasiswa bidik misi. Sementara yang paling sulit persyaratannya adalah Presidential Scholarship, karena kalian tidak hanya harus memiliki nilai TOEFL atau IELTS yang tinggi, tetapi juga harus mendapatkan LOA (Letter of Acceptance) dari Universitas yang menduduki peringkat 50 terbaik di dunia.

Nah, selanjutkan saya akan fokus pada Beasiswa Magister saja khususnya yang ingin kuliah di Luar Negeri.
Beberapa saran yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut:
1. Usahakan nilai skor TOEFL kalian di atas 550, kalau skor IELTS 6,5 menurut saya sudah lumayan tinggi. (Ingat, skor kalian harus sesuai dengan kemampuan berbahasa kalian. Bila skor kalian terlalu tinggi, namun pada saat wawancara kalian tidak dapat menjelaskan apapun dalam bahasa Inggris dengan baik, maka niscaya ini yang akan membuat kalian jatuh. Sering-seringlah berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris). Jangan coba-coba mendapat skor TOEFL/IELTS dengan cara curang (pakai Joki atau request nilai), LPDP telah mendeteksi semua pendaftar yang mencoba mendaftar dengan TOEFL palsu. Ingat LPDP mencari calon pemimpin yang jujur bukan yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

2. Essai pertama (Peranku Bagi Indonesia), pada essai ini fokuslah pada hal-hal yang telah kalian lakukan selama ini untuk Indonesia. Misalnya bagi kalian yang aktif dalam organisasi, sebutlah beberapa kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat yang pernah kalian lakukan. Ini juga sering kali ditanyakan pada saat sesi wawancara. Kemudian kalian juga dapat menjelaskan, saat ini kalian berperan sebagai apa untuk Indonesia, dan harapan kalian di masa yang akan datang akan menjadi seperti apa, dan berguna sebagai apa untuk Indonesia, apa manfaat yang akan dirasakan oleh Indonesia apabila kalian mendapatkan beasiswa ini. Pastikan kalian menulis esai sesuai dengan kenyataan yang ada. (Contoh Esai bisa dibaca di sini!)

3. Essai kedua (Sukses terbesar dalam Hidupku), pada essai ini kalian bisa mengutarakan opini kalian mengenai makna kesuksesan. Gunakan kata-kata sendiri, bila perlu mengutip kata-kata orang lain sertakan juga sumber kalimatnya, apakah dibaca di internet atau buku, dsb. Setelah itu kalian menjelaskan dari makna itu, apakah kalian sudah pernah merasakan menjadi orang yang sukses, atau merasa bahwa kalian telah sukses dengan cara apa, kalian bisa mencoba menjelaskan tentang bentuk-bentuk pencapaian kalian selama ini, atau apa saja yang berkaitan dengan kesuksesan. Sebisa mungkin, tunjukkan bahwa kalian adalah orang yang memiliki motivasi yang kuat untuk menjadi orang yang sukses. Amin. Pastikan kalian menulis essai sesuai dengan kenyataan yang ada. (Contoh Esai bisa baca di sini!)

4. Rencana Studi. Bagian ini juga seringkali dipertanyakan pada sesi wawancara. Pada bagian pertama kalian bisa mengawali dengan perkenalan singkat, penjelasan mengenai jurusan yang kalian pilih pada jenjang sebelumnya, misalnya mengapa kalian kuliah pada jurusan ini, pengalaman apa saja yang telah kalian dapatkan berkaitan dengan jurusan kalian, kemudian mengapa kalian tertarik untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, apa manfaatnya bagi kalian dan apa manfaatnya bagi masyarakat, apa rencana kalian setelah menyelesaikan kuliah. Kalian juga perlu menjelaskan kampus yang dituju, mengapa kalian memilih kampus tersebut, jelaskan kelebihannya, apa yang kalian tahu tentang kampus itu, kemudian jurusan apa yang kalian pilih, mengapa mengambil jurusan itu. Apa gunanya buat karir kalian nanti.Selain itu, apabila kalian berencana untuk mengambil master by research, alangkah lebih baiknya kalian juga menjelaskan sedikit mengenai topik penelitian kalian, mengapa memilih topik itu, dan apa manfaatnya bagi Indonesia.

5. LOA. Sebenarnya LOA tidak harus ada pada saat pendaftaran, tetapi sangat disarankan untuk memilikinya sehingga kalian tidak perlu susah-susah lagi nantinya. LOA harus unconditional (tanpa syarat).

6. Pendaftaran. Pendaftaran dilakukan secara online, isi data dengan teliti (Jangan sampai salah input data, khususnya pada saat pengisian awal). Karena beberapa data tidak dapat diedit lagi bila telah terlanjur tersimpan. Sertakan foto terbaru kalian untuk diupload. Data yang kalian isi harus sesuai dengan kenyataan. Karena seringkali, ini yang membuat peserta jatuh pada saat sesi wawancara.

7. Esai on the Spot. Ini baru berlaku setahun terakhir sepertinya. Jadi pada saat wawancara, akan dilaksanakan pula tes membuat esai. Kalian akan diberikan tema di sana dan waktu untuk mengerjakannya. Sering-seringlah berlatih menulis di rumah juga membaca berita-berita yang lagi hangat di Indonesia. Anyway, saya tidak tahu pasti temanya karena angkatan saya belum ada tes ini. Mungkin bisa ditanyakan kepada angkatan-angkatan yang baru lulus seleksi.

(Untuk sesi wawancara akan saya jelaskan pada postingan berikutnya ya, guys. Baca di sini: Tips Mengikuti Wawancara Beasiswa LPDP. Terimakasih sudah membaca. Silakan tinggalkan komentar bila ada yang ingin ditanyakan.)

Kunci sukses ada di tangan kalian masing-masing. Ucapkan Bismillah, kirim berkasnya, dan tawakkal. Berdoa seusai beribadah, dekatkan diri kepada Allah, hindari penyakit hati, sering-sering beristighfar, sering-sering mengucapkan syukur. Insya Allah, Allah akan menunjukkan jalan yang terbaik bagi kita. Amin.

Ada pertanyaan? Silakan kirim pesan di IG saya @auliyasahril atau meninggalkan pesan di kolom komentar dengan menyertakan alamat email kalian. Terimakasih! ^^v

NB: TENTANG ESAI SILAKAN BACA DI POSTINGAN TERBARU SAYA MENGENAI LPDP! TERIMAKASIH!

Auliya Sahril
Awardee LPDP Batch 20

40 comments:

Icha said...

Halo Aulia. I am so glad to find you and your posts here, very helpful and so attractive! :)
Mau nanya, waktu kamu wawancara saat itu sudah ada LOA nya?
Oh iya kamu ngurus sekolah di Inggris nya pake agen atau admission sendiri? Hehe
Ehiya, kalau gak keberatan boleh minta contoh essay nya kah via email? (ichajulisca@yahoo.co.id)
Aku lagi mengusahakan beasiswa ini, dan berharap dengan membaca banyak referensi essay bisa mematangkan essay yang udah aku bikin. Hehehe
But thats only if you dont mind. I'm ok with any of ur thoughts.
Thanks anyway! Good luck ya di UK :)

satudoktertujuhkurcacisumba said...

Terima kasih sudah berbagi tulisan melalui blog. Saya salah satu yang membaca dan akhirnya berhasil. Teruntuk rekan lain yang kebetulan dokter dan ingin masuk spesialis, semoga tulisan saya di bawah ini bisa membantu.

http://m.kompasiana.com/post/read/693688/1/tips-raih-beasiswa-spesialis-lpdp-ppds.html

auliya said...

Wah Alhamdulillah, selamat Dok! Saya sudah baca tulisannya. Insya Allah yang membacanya akan terbantu. Terima kasih juga sudah mau membaca blog saya. Hehe

Unknown said...

Halo Aulia. Terimakasih banyak untuk tipsnya ya.
Mau bertanya, untuk surat rekomendasi, bagi yang sudah bekerja harus dari atasan atau boleh dari dosen yah? dan kalau berkenan, boleh saya minta contoh essaynya? untuk menjadi referensi saya.
Terimakasih sebelumnya :)

auliya said...

Hai Natania, maaf baru balas. Gimana sudah daftar belum? surat rekomendasi boleh dari dosen pembimbing sebelumnya. dari atasan wajib kalau PNS. Kalau butuh essay email aja ya alzhainmelody@gmail.com

Anonymous said...

makasih tulisannya Mbak, alhamdulillah sangat membantu. sy ingin daftar beasiswa afirmasi 3T. Mbak punya nggak contoh esay untuk itu, klw ada bisa email di rahmayana_r@yahoo.com
Makasih sebelumnya mbak.

diah said...

aslkm mba aulia, boleh minta contoh essaynx ga, saya jg lg mau daftar. cuman baru nyiapin semua syarat nya. klo berkenan email saya mardiah_atul@yahoo.co.id

auliya said...

Sudah ya. makasih sudah berkunjung :)

auliya said...

Sudah ya. makasih sudah berkunjung :)

andhien said...

Halo mbak aulia. Senang skali baca blog ini, sangat bermanfaat. Ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan. Apakah saya boleh minta email mbak Auila? Tks. -andien-

auliya said...

Halo mbak, makasih sudah berkunjung. Email saya alzhainmelody@gmail.com. :)

Unknown said...

mbak boleh minta essay sama syarat magister dalam negeri??
ddevilumembang@yahoo.co.id
makasih. :)

Unknown said...

devilumembang@yahoo.co.id

auliya said...

Mungkin bisa langsung cek di web resminya mbak. Essay akan saya kirimkan segera setelah laptop saya selesai diinstall ulang ya. Makasih

Ahmad Wildan Mahmashani said...

Menarik sekali mbak membaca blog ini.
am i the only man who left the comment here?hehe :p
oh iya mbak, saya sedang menyusun dokumen untuk pengjauaan beasiswa s2 afirmasi 3T periode tahun 2015 dan kampus tujuanya adalah dalam negeri.
saya butuh inspirasi untuk menulis essay dan study plan. bolehkah saya minta essay dan studi plan yang mbak tulis, atau yang mengenai essay afirmasi 3T. jika berkenan bisa kirim ke email saya
mahmashany@gmail.com
terima kasih :)

surya panglima said...

Alhamdulillah Nemu Blog Bagus lagi Tentang LPDP
Terimakasih mbak untuk Inspirasi dan Semangatnya
sy sedang mencari cari format terbaik untuk Essay Rencana Studi dan Kesuksesan Terbesar dalam Hidup.
boleh saya ikut antri untuk dapat contoh essay nya ya mbak di suryapanglima@gmail.com
Terimakasih bantuannya :-)

Unknown said...

Mbak Auliya,salam kenal, saya Yuli, saya sangat tertarik membaca blog mbak, oya saat ini juga saya sedang mengumpulkan syarat-syarat untuk beasiswa LPDP, boleh saya minta essay dan study plan yang mbak buat untuk inspirasi, jika mbak berkenan, mbak bisa mengirimkan ke alamat email saya niputuyuliastri@ymail.com. Terimakasih sebelumnya

Cicie Prilianti said...

Assalamualaikum, sebelumnya terimakasih, tulisannya sangat membantu. Kebetulan saya juga ada rencana untuk mengajukan beasiswa LPDP. kalau tidak keberatan, boleh minta contoh essay sama study plan'nya. kalau todak keberatan boleh dikirim ke email ini shinichi.koibito@gmail.com

Vinny Dwi Melliny said...

aslamualaikum wr wb
tips.nya bagus sekali
saya juga berencana ikut LPDP periode 2 tahun ini. dan Alhamdulilah skrg saya sudah mendapatkan LOA dr Newcastle University dan Queen Belfast.
kalu bs di share, saya organisasinya menjurus ke Olahraga apakah sejalur dgn LPDP namun saya Masternya MSC Acciunting abd Finance.
ohy..apa boleh dikirim Essay dan Rekomendasu Latternya. kirim ke
vinnydwimelliny@gmail.com
makasih sebelumnya

auliya said...

Maaf ya teman-teman, saya sudah tidak membagikan esai saya ke semua orang. Untuk tips penulisan silakan dibaca di postingan terbaru dengan label LPDP. Terimakasih sudah berkunjung!

auliya said...

Selama memiliki alasan yang jelas mengapa memilih jurusan itu, tidak ada masalah kok.

Maaf ya teman-teman, saya sudah tidak membagikan esai saya ke semua orang. Untuk tips penulisan silakan dibaca di postingan terbaru dengan label LPDP. Terimakasih sudah berkunjung!

auliya said...

Oh iya untuk format rekomendasi silakan download booklet beasiswa LPDP di sini : http://www.beasiswa.lpdp.depkeu.go.id/ semoga membantu

auliya said...

Maaf ya teman-teman, saya sudah tidak membagikan esai saya ke semua orang. Untuk tips penulisan silakan dibaca di postingan terbaru dengan label LPDP. Terimakasih sudah berkunjung!

auliya said...

Maaf ya teman-teman, saya sudah tidak membagikan esai saya ke semua orang. Untuk tips penulisan silakan dibaca di postingan terbaru dengan label LPDP. Terimakasih sudah berkunjung!

auliya said...

Maaf ya teman-teman, saya sudah tidak membagikan esai saya ke semua orang. Untuk tips penulisan silakan dibaca di postingan terbaru dengan label LPDP. Terimakasih sudah berkunjung!

Unknown said...

Salam, sy senang sempat baca tulisan ini. Saat ini, sy sedang menyiapak persyaratan beasiswa afirmasi lpdp. Teman2 yg komentarpun aktraktif. Aulia, boleh ya sy dikirimin jg contoh esai jalur afirmasi dan esai yg kamu buat? Hehehe.
Kirim ke emailku chusnul.huluk@yahoo.com yaaa... Thanks a lottttt...

Vista said...

Asslm. Super sekali tips nya mbak. Terimakasih,, sangat membantu.. Saya mau minta saran dan masukan dari mbak. Saya berencana mengkuti beasiswa lpdp dalam negeri. Semua syarat nya telah saya persiapkan. Akan tetapi, saya memiliki kendala di skor toefl. Saat ini skor toefl saya 487. Untuk mengikuti test toefl selanjutnya, tidak sempat mbak. karena Batas waktu untuk pengiriman berkas sebentar lagi akan berakhir. Apakah skor toefl merupakan syarat utama untuk lulus seleksi administrasi mbak? apa dengan skor toefl tersebut saya bisa mendaftar dan memiliki peluang lulus administrasi mbak? mohon masukannya y mbak.. Terimakasi sebelumnya ny.

auliya said...

Wah kalau afirmasi, TOEFL tidak begitu berpengaruh Mbak. Tapi kalau jalur reguler itu wajib sesuai standar. Tapi kalau mbak mau mencoba, silakan aja sih.

Vista said...

Okee.. terimakasih infonya mbak..

Anonymous said...

Hallo Mba,
Mau tanya dong, waktu pas mba daftar, mengirimkan surat rekomendasinya berapa banyak ya?
Apakah satu dari universitas dan satu lagi dari tempat bekerja?
Kebetulan saat ini saya sedang tidak bekerja jadi agak bingung untuk surat rekomendasi lainnya..
Mohon info nya,
Terima kasih

Unknown said...

aslkm mba aulia, boleh minta contoh essaynx ga, saya jg lg mau daftar. cuman baru nyiapin semua syarat nya. klo berkenan email saya indrawsd@ymail.com

Unknown said...

Hallo ka Auliya,postingannya sangat menarik saya juga ingin kuliah di UK seperti kaka , semoga sukses selalu. oh ya kalo boleh saya juga ingin lihat contoh essay punya kaka buat referensi :) di email utaridevia@gmail.com. makasih ka :)

M. Yusuf, S.Pd said...

Assalamualaikum, postingannya sangat membantu. Oh ya mbak saya mau bertanya, apakah bisa TOEFL yg kita gunakan menggunakan sertifikat TOEFL kampus ketika kita masih S1? Soalnya kami jauh dari lembaga penyedia TOEFL yang disyaratkan LPDP. Terimakasih

auliya said...

Sayang sekali gak bisa mas. Harus TOEFL asli dr penyelenggara tes TOEFL. Kecuali pendaftar afirmasi baru boleh pake sertifikat pernah mengikuti les bahasa.

monarika farinda said...

assalammualaikum mbak auliya. postingannya sangat menarik mbak. oh ya mbak saya mau tanya mengenai beasiswa afirmasi lpdp mbak. kan saya masuk ke tahap wawancara kira2 pertanyaan apa saja yang kemungkinan ditanyakan jika saya mendaftar s2 dalam negeri dan untuk lokasi atau alamat gedung tempat test wawancaranya itu bagaimana ya mbak pemberitahuannya, karena sampai saat ini saya masih bingung. apakah nanti sebelum test akan diberitahukan atau memang dalam satu kota memang hanya satu tempat itu saja dari dulu?

Bacalah... said...

assalamu'alaykum salam kenal, saya yogyantoro :) boleh minta contoh 3 esay Lpdp nya mbak, ke aeyogy@gmail.com? thanks

Anonymous said...

assalamu alaikum, mbak salam kenal nama saya aulia, juga. hehe. boleh minta contoh essay lpdpnya mbak? ke aulhyauswa07@gmail.com.
mkasih yah kak

mahasiswa universitas samawa said...

Halo mbak liya, bisa gak saya minta contoh essay nya untuk 3 T krm ke putuadnyana892@gmail.com

Unknown said...

Assalamu'alaikum, perkenalkan saya yosi. mbak liya kalo tidak keberatan boleh minta alamat emailnya? saya ingin bertanya banyak mengenai lpdpd. terimakasih

Unknown said...

assalamu'alaikum mbak...
bolehkah saya minta contoh essay untuk beasiswa bantuan tesis yg berhubungan dengan pendidikan?
email saya : lia.fitria88@gmail.com
terimakasih sebelumnya mbak...