Menulis Essay Sukses Terbesar dalam Hidupku Beasiswa LPDP



Salam Garuda Emas Indonesia!

Kalau postingan sebelumnya membahas mengenai esai bertemakan Peranku Bagi Indonesia yang saya buat untuk mendaftar beasiswa LPDP, kali ini saya akan memberikan gambaran sedikit tentang esai saya yang bertema Sukses Terbesar dalam Hidupku. Tidak ada yang sangat istimewa dari esai yang saya buat. Masing-masing orang sebenarnya memiliki nilai plus tersendiri dari apa yang mereka sampaikan dalam esai mereka. Hanya saja yang perlu diingat adalah apakah yang kita sampaikan benar-benar terjadi dalam kehidupan kita ataukah hanya hasil contekan dari ide yang dipaparkan oleh orang lain. 

Intinya, apa yang kalian sampaikan itu bisa menggambarkan kepribadian kalian. Apakah kalian pribadi yang dicari oleh LPDP ataukah mungkin kalian masih harus berjuang untuk membuat diri kalian menjadi pribadi yang diharapkan. Kalian harus memiliki nilai pelayanan. Pentingkah? Penting. Karena nilai pelayanan salah satu nilai yang sangat dijunjung tinggi oleh penyedia beasiswa ini. Kalian yang memilih bersekolah di luar negeri haruslah mau kembali ke tanah air dan mengabdikan diri untuk kemajuan Indonesia. Tidak bersedia? Mungkin sebaiknya kalian mencari beasiswa dari penyedia beasiswa lain. Sesungguhnya ada sangat banyak beasiswa di luar sana.

Saya pernah membaca beberapa artikel mengenai LPDP. Salah satunya mengatakan bahwa LPDP itu sangat aneh, mungkin karena ia sudah mencoba mendaftar beasiswa ini beberapa kali dan tidak pernah berhasil sedangkan mungkin menurutnya dia adalah orang yang pantas untuk mendapatkannya. 

Well, apakah memiliki CV dengan daftar pengalaman kerja, organisasi, dan hasil penelitian yang berlimpah bisa menjamin bahwa kalian akan mendapatkan beasiswa ini? Maaf, tapi jawabannya adalah TIDAK. Banyak dari penerima yang kelihatannya biasa saja seperti saya bisa menjadi awardee dari penyedia beasiswa ini. Jadi, bagi kalian yang merasa kurang atau tidak memiliki pengalaman yang luar biasa, jangan merasa ragu untuk bermimpi dan berjuang untuk mendapatkan beasiswa LPDP ini. Semuanya hanyalah permasalahan apakah kalian adalah pribadi yang layak untuk mendapatkan beasiswa ini karena sesungguhnya banyak sekali orang di dunia ini yang pintar tetapi tidak memiliki pribadi yang bisa dicontoh bagi orang lain. 

Jadi kembali ke persoalan esai. Apakah makna sukses yang sesungguhnya? Hanya kalian yang tahu karena kalian lah yang mengalaminya. Jadi, yang perlu kalian tuliskan adalah suatu kejadian yang membuat kalian yakin bahwa pada saat itu atau kejadian itulah yang membuat kalian merasa telah menjadi orang yang sukses. Apakah kejadian itu sangat sederhana atau mungkin biasa saja bagi orang lain, semuanya tergantung dari cara kalian menyampaikannya. Banyak sekali cerita sederhana yang sebenarnya sangat menginspirasi.

Bosan dengan cerita di atas? Haha. Peace! Well, berikut ini adalah potongan esai saya bertema Sukses Terbesar dalam Hidupku. Semoga dapat sedikit memberikan gambaran tentang apa yang harus kalian tulis dalam esai kalian. Good luck, everybody! 

KESUKSESAN YANG SESUNGGUHNYA

Kesuksesan. 

Apa itu kesuksesan? 

Satu kata ini berhasil membuatku berpikir keras. Satu kata yang membuat saya berpikir ulang tentang kesuksesan yang manakah yang benar-benar bisa disebut sebagai kesuksesan. Mungkin bukan cuma saya satu-satunya orang yang mempertanyakan makna kesuksesan yang sebenarnya. Mungkin ada ratusan orang, bahkan  jutaan orang di dunia sedang memikirkan apa makna kesuksesan yang sebenarnya. 

Setelah beberapa hari memikirkannya, saya berhenti sejenak. Saya menatap layar laptop saya hingga akhirnya saya memutuskan untuk membuka Kamus Besar Indonesia. Sayang sekali, di kamus itu saya hanya menemukan padanan kata yang tepat untuk menggambarkan kata kesuksesan itu. Kesuksesan = keberuntungan, keberhasilan. “Jawaban yang sangat tidak memuaskan. Apakah ketika saya beruntung maka saya telah sukses?” pikirku.

Sejak SD saya dikenal sebagai anak yang suka belajar. Bahkan Ayah saya mengatakan bahwa yang ada di dalam pikiran saya hanyalah segala hal yang berbau “sekolah”. Saya seringkali bersedih ketika nilai saya tidak sesuai harapan saya, namun kemudian saya selalu berusaha untuk memperbaikinya. Akhirnya saat perpisahan sekolah, Kepala Sekolah mengumumkan siswa yang meraih peringkat satu hingga sepuluh se-SD IKIP 1 Makassar pada saat itu. Saya merasa sedikit terkejut namun sangat senang karena pada saat itu saya meraih peringkat pertama. Sesuatu yang sangat luar biasa bagi saya dan tentu saja bagi Bunda saya yang saat itu menemani saya meraih penghargaan dari Kepala Sekolah. Bagi saya, kejadian itu merupakan salah satu kesuksesan terbesarku. 

FYI:

Mohon maaf yang sebesar-besarnya, mulai sekarang saya TIDAK AKAN MENGIRIMKAN esai yang saya buat untuk mendaftar beasiswa LPDP dalam bentuk apapun mengingat saya lebih sering online menggunakan handphone, sangat jarang menggunakan laptop. Selain itu, menurut salah seorang teman. esai yang dibuat masing-masing peserta itu sifatnya privasi, tidak seharusnya disebarkan ke orang lain meskipun dengan tujuan membantu. Kemudian hal lain yang paling mendasar, tidak ada yang bisa menjamin bahwa mereka yang meminta tidak akan mengambil sebagian maupun seluruh ide yang terdapat dalam esai tersebut (plagiat). Ingat, LPDP sangat menjunjung tinggi nilai integritas. Kehilangan nilai tersebut bisa membuat kalian jatuh dalam proses seleksi. 

Ada pertanyaan? Silakan kirim pesan ke IG: @auliyasahril atau meninggalkan pesan di kolom komentar dengan menyertakan alamat email kalian. Terimakasih! Good Luck! ^^v

Regards,

Auliyanti Sahril Nurfadhilah
Awardee LPDP Batch 20


23 comments:

Unknown said...

terima kasih sharing pengalamannya :D

Unknown said...

cerita ringan yang enak dibaca, tapi kaya manfaat. terima kasih sharingnya.

auliya said...

Sama2 :)

auliya said...

Sama2 :)

Hajra said...

trimakasih atas ceritanya sungguh menambah wawasan untuk mengawal dalam menulis.... sungguh ini sangat membantu ku.... sekali lagi terima kasih....

Unknown said...

Assalamualaikum...mbak...maaf, tanya...pengumuman seleksi administrasinya itu via emaik kita masing2 atau via akun lpdp resmi?

LPDP said...

ktka saya membaca tulisan ini, sebagian besar isinya mewakili pengalaman saya. sepertinya kita memiliki beberapa kesamaan.. namun aku belum mulai menulis, mudah-mudahan tulisan ini bisa menggispirasi saya untukmenulis..

Unknown said...

Boleh minta contoh pembuatan essaynya? Soalnya saya masih bingung mau mulai dari mana dan point apa saja yang harus di muat di essay tersebut 😀

kenzielazzaro@gmail.com

Yuni Kartika, S.Psi.,M.A said...

terimakasi mba artikelnya mengingatkan saya dengan pengalaman saya yang membuat saya berbicara sendiri dan meneteskan air mata. Sekali lagi terimakasi banyak buat sheringnya. semoga kita bisa sukses kedepannya.
Amiin

Liqauna.blogspot.com said...

ketika kita menulis kita sering mengatakan bahwa tulisan kita jelek apalagi bagi pemula, dan bagaimana kiat-kiat untuk menulis yang baik

Yayat Supriatna said...

hatur nuhun

herlin said...

Sdri Auliya, terima kasih sdh mau berbagi kpd kami. Pesan sy jgn ragu untuk berbagi kpd teman2. Salam Sukses untukmu. By Herlin Email : herlin080@gmail.com

ftrijie said...

Mohon tips tips untuk bisa lulus seleksi lpdp, krn sy butuh untuk dana tambahan untuk selesaikan program doktor sy yg sedang sy jalani di unm pascasarjana....,krn kemarin tidak sempat dapat beasiswa bppdn berhubung status homebase sy di pt yg bermasalah...mohon bisa bantu sharing untuk tips lulus beberapa tes lpdp..materi apa saja harus sy pelajari dan persiapkan .ini email saya fitrianikahar555@Gmail.com
Makasih banyak sebelum dan sesudahx....

Unknown said...

Halo Kak, terima kasih untuk tips nya, saya lagi berusaha untuk lulus seleksi lpdp tapi sering kali bingung dengan kualitas essay yang saya punya. Kalau kakak bisa bantu, bisa tolong email saya ya kak, keisha.marentek@yahoo.com . Terima kasih banyak ya kak.

Unknown said...

ka boleh berbagi ilmunya minta contoh essay kk..klo boleh ini email sy.trims banyak.
viedenz@ymail.com

Armalinda Hariyanto said...

pengalaman awal mencari makna kesuksesan yang dituliskan benar - benar sama dengan saya dari bertanya-tanya pada diri sendiri hingga melihat di kbbi, oleh karena itu sekarang timbul keyakinan saya semoga ini awal yang benar untuk menjadi awardee lpdp seperti kak alza, dapatkah kakak berbagi pengalam selanjutnya dengan saya? atau kakak dapat mengirimkan keseluruhan essay ke email saya armalindahariyanto@gmail.com
Terimakasih

sanisa sanusi said...

Saya sedang dalam proses penulisan essay utk ikut lpdp..kira-kira bisa bantu untuk perbaiki atau beri masukan tidak,
Email saya sanisa076@gmail.com
Terima kasih

sanisa sanusi said...

Saya sedang dalam proses penulisan essay utk ikut lpdp..kira-kira bisa bantu untuk perbaiki atau beri masukan tidak,
Email saya sanisa076@gmail.com
Terima kasih

adi bunda said...

SELAMAT SIANG MBAK,,SAYA INGIN BERTANYA MENGENAI BEASISWA FULLBRIGHT AMERIKA,,,APA DI SAAT KITA MENGIRIM ADMINISTRASI KITA LAMPIRKAN DENGAN SERTIFIKAN ORGANISASINYA ? KALAU BISA SAYA MINTA CONTOH ESSAYNYA MBAK DALAM BAHASA INGGRIS DAN INDONESIA,,,BIAR SAYA MENGERTI ? MAKSUD DAN TUJUAN,tolong di kirim ya mbak ,Email : mrbunda_adi@yahoo.com adibunda99@gmail.com

adi bunda said...

cara menulis essay itu gimana ya mbak ? bidang study saya sistim komputer S1, saya ingin melanjutkan study S2 ke Amerika ,,gmana ya caranya ? kita membuat tema,,,judul essay kita,,,tolong di jelaskan ya mbak dan teman-teman share ! adibunda99@gmail.com atau di email mrbunda_adi@yahoo.com tolong ya di kirim contoh essaynya mbak ! biar saya lihat dan pelajari,,,,dalam bahasa indonesia dan inggris ,,dan syarat kita kuliah beasiswa S2 dI FULLBRIHT AMERIKA

Unknown said...

Maksih utk ilmu.. sya mulai menulis essay utk beasiswa lpdp.. boleh mnta bantuannya kak.. ni email sya rosianggraini88@yahoo.co.id

Unknown said...

Terimakasih banyak atas sharingna..dengan ini pikiranku mulai terbuka bahwa apa yang seharusnya aku ungkapkan kepada pihak LPDP. Bahwa pantaskah aku menjadi penerima beasiswa afirmasi atau tdk..mudah mudahan dalam tulisan itu saya bisa mengungkapkan kebenaran yang sebenarnya,....

auliya said...

good luck :D