Strategi Mengerjakan Soal-Soal TOEFL ITP (Listening Comprehension)

Hello, English Learners!

Selamat datang di akun saya. Untuk mengenal saya lebih jauh, silakan kalian klik ABOUT ME.


Di artikel ini saya akan membahas tentang TOEFL. Untuk ke depannya, postingan di akun ini akan membahas seputar pembelajaran Bahasa Inggris. Jadi, kalau kalian tidak mau ketinggalan update-an terbarunya, silakan follow akun ini.

Untuk materi pertama saya akan bahas strategi mengerjakan soal-soal TOEFL Paper Based Test, atau yang mungkin kalian kenal dengan TOEFL ITP. 

Sebelumnya kita perlu mengetahui bahwa dalam Listening Test, terdapat 3 sesi yang terdiri atas 50 soal.
  1. Short Dialogues. Yang pertama adalah percakapan pendek yang biasanya dilakukan oleh 2 speaker. Biasanya satunya laki-laki dan lainnya perempuan. Sesi ini terdiri atas 30 soal pilihan ganda dan merupakan soal-soal yang tergolong mudah. 
  2. Long Conversation. Yang kedua adalah percakapan panjang sekitar 60-90 detik per soalnya. Biasanya terdiri atas 7-9 soal. Setelah percakapan berakhir, kalian akan mendengarkan soalnya disebutkan satu per satu.
  3. Talks. Di sesi ini kalian akan mendengar sebuah monolog yang membahas seputar kehidupan sekolah, kampus, atau mata pelajaran/kuliah. Setelah monolog berakhir, kalian akan mendengarkan soalnya disebutkan satu per satu. Sesi ini biasanya terdiri atas 11 hingga 13 soal.


Secara Umum, terdapat 6 Strategi Mengerjakan Soal-soal Listening Comprehension.
  1. Kenali petunjuk soal-soal TOEFL Listening. Petunjuk dari setiap soal-soal TOEFL itu selalu sama, jadi kalian tidak menghabiskan banyak waktu untuk membaca petunjuk soal secara detail. Sebelum tes, kalian sudah harus mengenali atau terbiasa dengan petunjuk soal, sehingga di hari H kalian tidak perlu lagi membaca petunjuk soalnya.
  2. Dengarkan rekaman yang berisi soal dengan saksama. Kalian harus berkonsentrasi penuh terhadap apa yang pembicara katakan di rekaman soal karena rekaman soal hanya diputar sekali. Tidak ada pengulangan.
  3. Cari tahu di mana pertanyaan yang lebih mudah dan lebih sulit umumnya ditemukan. Di setiap sesi pada Tes Listening, soal-soal umumnya dimulai dari yang paling mudah, hingga yang paling susah.
  4. Kenali kecepatan dan jedah di setiap soal. Kalian hanya punya waktu 12 detik di antara masing-masing pertanyaan, jadi kalian harus telah menjawab soalnya dalam waktu 12 menit serta bersiap untuk mengerjakan soal berikutnya.
  5. Jangan pernah mengosongkan jawaban satupun. Meskipun kalian tidak tahu jawabannya, kalian sebaiknya menjawab semua pertanyaan, karena tidak akan ada pengurangan nilai untuk jawaban yang salah.
  6. Jika kalian punya sisa waktu setelah menjawab satu soal, gunakanlah untuk membaca soal berikutnya dan mengira-ngira jawabannya. 

Itu dia strategi umum mengerjakan soal-soal TOEFL Listening. Semoga bermanfaat. 
Feel free to share to your social media, and leave your comment if any. Thank you.



Auliya Sahril

No comments: