Tips Memilih Kampus (Kota Tempat Kuliah) di Inggris

Halohaaa, apa kabar para scholarship hunter? Masih semangat mencari beasiswa? Atau sudah berhasil mendapatkan beasiswa? Selamat bagi yang yang sudah berhasil memperoleh beasiswa khususnya beasiswa dari LPDP. Selamat bergabung dalam keluarga besar LPDP!

Nah, kali ini saya akan membahas tentang tips memilih universitas di Inggris. Beberapa waktu yang lalu ada yang kirim email menanyakan, 

"Kak, di UK kampus yang bagus apa sih?"
"Kak, kalau jurusan (ini) bagusnya kuliah di mana?"
"Kak, cara daftar kampus di UK gimana ya?"
"Kak, bagi tipsnya dong biar Bahasa Inggrisnya bagus?"

Pertanyaan ini sebenarnya simple tapi pusing sendiri juga sih pas menjelaskannya. Makanya saya akhirnya memutuskan untuk membuat tulisan ini biar kalian yang masih bingung memilih kampus di kampus luar khususnya di Inggris bisa sedikit mendapatkan gambaran. 

Let's answer the questions one by one!

"Kak, di UK kampus yang bagus apa sih?"

Basically, semua kampus yang ada di UK itu bagus, dosen-dosennya berpengalaman pada bidangnya masing-masing, fasilitas di kampusnya sangat memadai (nanti saya bikin tulisan lain ya tentang ini), semua staffnya ramah dan siap membantu kalian ketika menghadapi masalah apa saja selama proses perkuliahan. 

Nah, tapi pertimbangan kalian bukan itu saja kan? 
Misal seperti beasiswa Presidential dari LPDP itu meminta kalian harus telah memperoleh LOA (Letter of Acceptance/Admission) dari 50 universitas terbaik dunia. Nah biasanya ini sudah diinfokan oleh LPDP bahwa kalian harus telah lulus dari 50 universitas ini. 

Daftarnya pilihan kampusnya bisa didownload di sini Daftar 50 Kampus Tujuan Beasiswa Presidensial LPDP 


Salah satu Perpustakaan di Uni of Leeds, Leeds, UK


Jadi MABA lagi, Sept 2015 
Nah tapi tetap bingung kan memilih kampus yang mana?
Nah ini sebenarnya tergantung preferensi kalian. Kalian cari yang di kotanya ramai, atau cari yang sepi, atau yang dekat tempat wisata, atau memang benar-benar cari yang predikatnya paling baik. Karena kalau saya pribadi, predikat bukanlah kunci dari segala-galanya. Yang terpenting kamu mau belajar atau tidak. Karena itu yang akan saya jelaskan di bawah ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan kalian dalam memilih kampus.

1. Kalau kalian cari yang ramai, pilih kampus yang ada di London. Misalnya Queen Mary University of London, UCL, or many others yang masuk dalam 200 universitas terbaik di dunia pilihan LPDP. Plusnya adalah tempat refreshing lebih banyak misal taman, mau kemana-mana banyak tiket bus/pesawat yang murah, nyari resto halal gak susah kok (menjamur apalagi yang take away, bisa pesan antar ada yang menyediakan gratisan ada yang bayar bayar 1£-3£ tergantung jarak rumah dan resto), kemudian yang doyan shopping, pusat perbelanjaan ada di mana-mana dan pilihannya selalu lebih lengkap dibandingkan kota-kota lain, apalagi yak. Supermarket yang menjual daging halal lebih banyak dan lengkap ketimbang kota-kota lain. Transportasi lebih lengkap ada bus yang tersedia 24 jam, ada overground, underground, dan pembayarannya gak rumit, sisa beli oyster card (transportation card) yang bisa di top up sesuai dengan penggunaan. Kekurangannya adalah, biaya akom sangat mahal, bisa mencapai 2 kali lipat dari harga akom di kota-kota lainnya.

2. Univ of Birmingham, Univ of York, Univ of Glasgow termasuk beberapa kampus yang jarak kampus dan city centernya jauh. Bila ditempuh dengan jalan kaki akan sangat melelahkan. Pilihan kampus ini cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan keramaian kota namun tetap bisa menikmati keindahan Inggris. Karena letaknya jauh dari city center, biaya akomnya tidak terlalu mahal. Yang menarik dari Birmingham Univ karena banyak charity shop yang menjual barang-barang bekas seperti sepatu boots dan coat dengan harga murah meriah, di sana juga ada pasar yang tentunya menjual bahan makanan yang jauh lebih murah daripada supermarket. Di York ada designer outlet, tempat berburu barang-barang bermerek dengan harga di bawah harga normal. Sementara Glasgow, apa yah yang menarik. City centernya lumayan menarik, dam banyak tempat wisata yang dapat ditempuh dengan mudah dari sana. Biaya hidup/makan tidak berbeda jauh dari kota-kota lain. Yang membedakan antar satu kota hanyalah biaya akomodasi dan transportasinya.

3. Univ of Leeds, adalah my campus. Masalah akom tergantung tinggalnya di mana. Kalau akomodasi kampus biasanya lebih mahal daripada private, tapi dijamin puas dengan fasilitasnya, semua dihandle dengan sangat baik oleh staffnya. Yang cari akom yang murah meriah banyak, ada yang dekat dari kampus ada juga yang harus menggunakan bus. Univ of Leeds dekat banget sama city center, jalan kaki 10 menit juga nyampe. Selain itu banyak mini market dan bahkan ada mini market khusus untuk makanan halal. Depan kampus hampir semuanya resto halal, cocok bagi yang suka mager masak atau pulang ke rumah di tengah-tengah break perkuliahan. Dari Leeds kalau mau kemana-mana juga enak soalnya letaknya di tengah-tengah England. Dan sekitar Leeds banyak tempat refreshing yang bisa dicapai dengan naik bus 30 menit -1,5 jam. Ada pasar dekat city center yang harganya 2 kali lebih murah daripada supermarket gede macam Morrison. Supermarket yang menjual khusus makanan-makanan Asia juga ada dong. Di sana kalian bisa mendapatkan bahan-bahan makanan yang cuma diimport dari Asia termasuk Indonesia, jadi gak usah khawatir yang suka makan sambel atau kecap ABC. Di sana ada. Tempe dan tahu pun ada teman-teman. Selain itu pencinta Manchester United, jangan khawatir Leeds ke Manchester cuma sejam-an naik bus.

4. Manchester, Birmingham, London. 3 kota yang paling sering dikunjungi oleh-oleh artis international baik itu untuk Konser, ataupun kegiatan lainnya. Tapi pastinya paling sering London yah. Jadi kalau kalian carinya yang kotanya ramai dan sering kedatangan artis luar, kota ini mungkin bisa jadi preferensi kalian. Selain itu London dan Manchester selalu penuh dengan fans-fans bola. Inggris gitu kan yak.

5. Kalau kalian carinya yang predikatnya paling baik. Kalian pasti sudah tahu. Kampus tersebut berada di Oxford, Cambridge, dan London. Oxford akomodasi lumayan mahal, tidak jauh berbeda dengan London. Biaya makanan gak jauh berbeda dengan kota lain. (Berhubung saya belum pernah ke sana (Oxford dan Cambridge, pembahasan tentang kedua kota ini akan dilanjutkan di sesi berikutnya. Hehehe)

6. Univ of Sheffield. Kota ini dekat banget sama Edensor. Pada tahu edensor kan? Novel karyanya Andrea Hirata. Jarak kampus dan city center juga gak terlalu jauh. Tapi sepi banget pemirsa kotanya. Malam Minggu aja sepi, aku sampai mikir ini kota adalah kota mati (eh gak juga sih, mungkin pas aku datang orang-orang pada jalan-jalan di kota lain kali yak). Tapi itu kesan pertamaku saat mengunjungi kota itu. Tapi Edensor itu sumpah cantik banget. Dari city center Sheffield cuma kudu naik bus 20-30 menit.

7. Belfast. Menurutku Belfast itu London dengan versi lebih kecil. Cantik juga sih menurutku. Tapi jauh banget kampusnya dari city center. Sepertinya lebih dari 3 km waktu itu saya berjalan dengan teman-teman. Belfast berada di Northern Ireland, jadi kalau mau jalan-jalan di England dan Scotland kudu naik ferry atau pesawat. Masalah akom gak semahal London. Harga makanan gak jauh beda dengan kota lain. Pecinta Games of Thrones mungkin kalian tertarik dengan kota ini. Karena dari sini ke lokasi-lokasi syutingnya film itu sangat dekat. Sisa ikut tour, dan kalian sudah bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di sana.

8. Edinburgh. Cantik banget. Kalian masih bisa melihat keindahan bangunan-bangunan Inggris di sana.  Biaya hidup sedikit lebih mahal sih daripada kota-kota di England. Tapi London tetap lebih mahal. Edinburgh juga termasuk salah kampus yang terbaik di UK. Jadi kalau kalian preferensinya predikat terbaik sekaligus mencari yang menyegarkan mata, Mungkin Edinburgh bisa mejadi pilihan kalian.

8. Kota lain? Menyusul yak. Ada pertanyaan atau saran? Silakan meninggal komentar dengan alamat email masing-masing. Atau bisa langsung email saya ke alzhainmelody@gmail.com

Thank you for reading. Maaf bila ada info yang kurang sesuai. Insya Allah akan segera dibenahi.

Pertanyaan dua tiga dan dan seterusnya, Insya Allah akan dibahas di postingan berikutnya. Ditunggu aja! Makasih yah! :D

Auliyanti Sahril Nurfadhilah, MA.




Best Regards,
Auliya Sahril
LPDP Batch 20
9 May 2016, Leeds, UK

2 comments:

Qadry Qade' said...

jejak.. haha

auliya said...

Mauki lanjut di Inggris kak? Haha